Dikbud Provinsi Maluku Gelar Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa SMK

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku, Senin (27/5), menggelar penguatan pendidikan karakter bagi siswa SMK di Provinsi Maluku tahun 2019. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Bpk. Drs. M. Saleh Thio, MSi, mengatakan penguatan pendidikan karakter bagi siswa SMK merupakan aspek penting yang harus diperhatikan dalam pembelajaran disekolah. Selain penguasaan kompetensi akademik, kompetensi sesuai bidang keahlian, pengembangan bakat dan minat serta karakter juga harus diberi perhatian. Untuk itu, diperlukan suatu program yang mampu menjadi wadah ekspresi pengembangan diri peserta didik dalam bakat, minat, wahana ekspresi, latihan kepemimpinan serta pembinaan karakter dan bela negara bagi peserta didik adalah melalui kegiatan pelatihan kepemimpinan bagi peserta didik.
Menurutnya, melalui penguatan pendidikan karakter diharapkan praktik-praktik baik yang telah membudaya disekolah dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Sedangkan hal-hal yang masih dirasa kurang dapat diperbaiki, sehingga siswa-siswi ataupun lulusan SMK dapat menguasai kompetensi keahlian masing-masing yang dilengkapi dengan karakter yang baik.
Olehnya itu, dengan dilaksanakannya penguatan pendidikan karakter siswa SMK, maka diharapkan siswa dapat mengembangkan pendidikan SMK yang meletakkan makna dan nilai karakter, sebagai jiwa atau generator utama penyelenggaraan pendidikan. Disisi lain juga membangun dan membekali generasi emas Indonesia 2045 menghadapi dinamika perubahan di masa depan dengan ketrampilan abad 21. Karena itu, mengembalikan pendidikan karakter sebagai ruh dan fondasi pendidikan melalui harmonisasi olah hati,  olah rasa, olah pikir dan olah raga, serta memperkuat kapasitas siswa untuk mendukung perluasan implementasi pendidikan karakter.
Untuk diketahui, peserta yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah 103 peserta berasal dari Kota Ambon, Maluku Tengah Malteng, dan SBB. ().

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *