Disdikbud Gelar Workshop Lesson Study SMA-Se Maluku

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Maluku sangat merespon 100 hari kerja Gubernur Maluku Murad Ismail dan Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno, dibidang pendidikan, yang mana dalam rangka meningkatkan mutu guru untuk kesejahteraan siswa dalam proses pembelajaran. Seperti yang dilakukan empat hari ini dengan menghadirkan guru mata pelajaran Matematika danBahasa Inggris, yang berlangsung di hotel Pasifik Ambon dari tanggal 21 Juli hingga 24 Juli 2019.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Bpk. Drs. M. Saleh Thio,  MSi, dalam sambutannya, mengatakan workshop Lesson Study SMA se-Maluku dalam rangka 100 hari kerja Gubernur ini tujuannya untuk meningkatkan kapasitas guru mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris, hingga para guru mata pelajaran yang dipercayakan dari sekolah supaya bisa mengikuti kegiatan ini dengan sebaik mungkin agar dapat mendongkrak mutu pendidikan yang selama ini masih belum maksimal.

Kepala Dinas mengakui, para guru punya tanggungjawab penuh menjawab masalah yang selama ini terjadi di sekolah hingga kesempatan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. “Kiranya dengan kegiatan ini di tahun 2019-2020 nanti sudah bisa menjawab problem yang sama-sama kita hadapi pada kedua mata pelajaran ini, sebab di tahun itu juga sangat diinginkan masuk pada UNBK, “tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Nety Badriah, selaku Kepala Seksi Kurikulum SMA Disdikbud Provinsi Maluku, menambahkan kegiatan Lesson Study ini sebagai upaya memberikan pemahaman terbaik kepada guru mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris, dan lebih lagi seperti disampaikan Kepala Dinas masuk dalam program 100 hari kerja Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku.

Ditambahkan pula, kegiatan ini akan berlangsung selama empat hari dengan jumlah peserta sebanyak 134 tenaga pendidik, yang terdiri dari 66 guru matematika dan 54 guru Bahasa Inggris. Selain itu juga guru yang telah menerima manfaat kegiatan ini akan melakukan praktek pembelajaran atau “Real Teaching” yang berpusat di SMA Negeri 1 Ambon dan SMA Negeri 2 Ambon, tujuannya agar materi yang sudah disampaikan oleh Narasumber dapat diimplementasikan dengan baik kepada para siswa dan dari situlah kita dapat mengukur kemampuan guru, hingga kedepan bisa ada perbaikan nilai mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris dalam Ujian Nasional untuk kemajuan pendidikan di Maluku.

Dalam kegiatan tersebut para peserta wajib mengikuti Pre Tes dan Pos Test untuk mengukur daya serap terhadap penyampaian materi selama kegiatan berlangsung, selanjutnya menandatangani Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang akan diimplementasikan oleh para guru peserta kegiatan setelah mereka kembali ke daerah tempat tugas masing-masing. Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini berasal dari SEAQIM (Regional Centre for Quality Improvement of Teachers and Education Personnel in Mathematics) dan P4TK Bahasa Inggris, dan dimpangingi fasilitator daerah yang adalah guru mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *