Enam Siswa Wakili Maluku Ke Tingkat Nasional Dalam Lomba Debat Bahasa Indonesia-Inggris

Setelah dua hari peserta lomba debat bahasa Indonesia-Inggris bertanding untuk mewakili Maluku menuju tingkat Nasional, maka didapatkan enam siswa SMA yang terbagi tiga untuk debat bahasa Indonesia dan tiga bahasa Inggris. Para siswa itu masing-masing dari Kota Ambon Amatsya Souhuwat dari SMA Xaverius, Alosius Lekahaiyanan (Malra) dan Nurrusyifa Alifia dari SMA Siwalima Ambon. Sedangkan debat bahasa Inggris Gamal Makatita (Kota Ambon), Dirk Saputra Sillety (Kepulauan Tanimbar) dan Lucas Batlayery (Malra).

Pada acara penutupan debat bahasa Indonesia-Inggris, kemarin, Kepala Bidang SMA Fentje Mandaku, mewakili Kadisdikbud Provinsi Maluku Saleh Thio, mengatakan selama dua hari ini para siswa berkompetisi dan telah mendapatkan hasilnya, dewan juri dari para akademisi menetapkan kompetisi sudah berakhir dan enam siswa SMA siap mewakili Maluku diajang Nasional tepatnya Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan.

Dia mengakui, dari ajang tersebut ada juga siswa yang belum berhasil hingga bagi yang masih tertunda keberhasilan  teruslah belajar demi masa depan yang lebih baik, dan untuk yang berhasil kedepan harus terus mempersiapkan diri sebab menuju tingkat Nasional banyak sekali tantangan.

“Kalau merasa masih ada kekurangan mesti dibenahi dan Dikbud bersama akademisi akan terus  mendampingi siswa untuk memberikan pendampingan, hingga siswa berbenah dan percaya diri.”tuturnya.

Lebih lagi, kata dia, sesuai dengan semangat dari kepala dinas bahwa siswa Maluku harus pintar, maka tunjukkanlah hal itu dengan penuh tanggungjawab agar bisa mengharumkan nama Maluku ditingkat Nasional bahkan Internasional. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *