Lima Kabupaten / Kota Ikuti LCC 4 Pilar MPR RI

Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar MPR RI berbangsa dan bernegara, kemarin, diikuti oleh 12 group atau kelompok peserta adalah para siswa-siswi SMA/SMK se-Provinsi Maluku, yang berasal dari lima kabupaten/kota yakni Kota Ambon, Kota Tual, Buru, Seram Bagian Barat (SBB), dan Maluku Tenggara (Malra). Kegiatan ini berlangsung di Hotel Amaris Ambon, Sabtu (20/7).

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Sekdikbud) Provinsi Maluku Ibu Mimi Hudjajani, dalam membacakan sambutan tertulis Bpk. Drs. M. Saleh Thio, MSi, selaku Kadisdikbud Provinsi Maluku,  mengatakan empat pilar kebangsaan adalah soko guru atau tiang penyangga yang kokoh yang membuat seluruh rakyat Indonesia merasa aman, nyaman, sejahtera, tentram dan terhindar dari berbagai jenis  gangguan dan bencana. Dimana empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Lanjutnya, lomba cerdas cermat empat pilar MPR RI berbangsa dan bernegara jenjang SMA/SMK tingkat Provinsi Maluku merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan sampai pada tingkat Nasional dengan tujuan agar tersosialisasinya nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika pada pribadi siswa supaya mereka menjadi pribadi yang baik serta berbakti pada bangsa dan negara kedepannya. “Jangan jadikan kegiatan ini hanya sebagai ajang untuk meriah kemenangan saja, tetapi jadikan sebagai motivasi juga untuk membangun bangsa yang jauh lebih baik lagi dan momentum lomba cerdas cermat ini sebagai kesempatan untuk belajar demokrasi, “tuturnya.

Dengan demikian, lomba cerdas cermat MPR RI ini salah satunya mempunyai tujuan untuk memasyarakatkan dan membudayakan pentingnya penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara khususnya di kalangan generasi muda. Selain itu juga diharapkan agar para generasi muda memahami pentingnya kebhinekaan dalam program budaya dan hidup berbangsa.

Sementara itu, Kepala Biro Umum Sekjen MPR RI Hery Herawan, mengatakan lomba cerdas cermat empat pilar ini dilaksanakan setiap tahun dalam rangka menumbuhkan kecintaan para siswa kepada Pancasila sebagai falsafah negara, agar kedepan mereka mampu bertangggungjawab dalam mempertahankan NKRI. Hingga bagi siswa-siswi yang merupakan putra-putri terbaik Maluku supaya berjuang dengan mengedepankan nilai-nilai luhur Pancasila. “Jadi bagi 12 group yang merupakan siswa-siswi SMA/SMK ini kalian sudah menjadi juara. Untuk itu, tumbuhkanlah nasionalisme dalam diri dan tegakkan empat pilar dan satu lagi mesti implementasikan kepada semua teman baik disekolah maupun dirumah. Kami dari Pusat sampaikan selamat bertanding dalam lomba cerdas cermat, mudah- mudahan Maluku masuk Grand Final.”harapnya.

Senada dengan itu, Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Kepala Seksi Kurikulum SMK Dikbud Provinsi Maluku Ibu Shelly Pelupessy, menuturkan lomba cerdas cermat ini bukan sekedar meraih juara, namun lebih penting sebagai bekal bagi generasi muda untuk terus menumbuhkembangkan wawasan pemahaman kebangsaan sebagai alat pemersatu bangsa. “Lomba ini sangat kami dukung dan diselenggarakan atas kerjasama MPR RI dan Dikbud Provinsi Maluku, hingga kedepan kami berharap agar Pempus memberikan jatah lebih bagi Maluku bukan lagi 9 atau 12 group tetapi lebih. Mengingat Maluku terdiri dari 11 kabupaten/kota dan animo siswa yang mendaftar pada lomba cerdas cermat ini dari tahun ke tahun semakin meningkat,”tandasnya. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *