Plh Gubernur Beri Reward Kepada Kadisdikbud

Plh Gubernur Maluku Hamin Bin Thahir, mengungkapkan hari pertama Ujian Nasional (UN) jenjang SMK baik itu Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) maupun Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) di Maluku berjalan lancar. “Alhamdulilah semua berjalan lancar, untuk itu saya memberikan apresiasi kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Bpk. Drs. M. Saleh Thio, MSi, PLN dan Telkom yang telah bekerjasama dalam menyukseskan UNBK 2019,”ucap Thahir, kepada awak media usai melakukan Telekonfrens bersama Kepala Dinas 11 Kabupaten/Kota, yang berlangsung di kantor Dikbud Maluku,  Senin (25/3). Dirinya juga memberikan reward kepada kadis, dikarenakan tahun ini 93 persen lebih sekolah di Maluku sudah melaksanakan UNBK, dibandingkan tahun 2018 hanya 23 persen. “Kita berdoa di tahun depan sudah 100 persen SMK di Maluku melaksanakan UNBK,”tuturnya.


Sama halnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, mengatakan UN jenjang SMK di hari pertama berjalan lancar, tanpa ada kendala apapun. “Jadi UNBK di hari pertama semuanya berjalan aman dan lancar, tanpa ada masalah. Kita berdoa, agar empat hari kedepan bisa berjalan lancar juga sehingga UN berbasis IT di Maluku berjalan dengan baik,”ungkapnya. Dikatakannya, untuk Provinsi Maluku ada 109 SMK yang mengikuti UN, dimana 106 sekolah melaksanakan UNBK dan 3 sekolah melaksanakan UNKP dengan jumlah peserta ujian secara keseluruhan mencapai 6600 siswa. Ketiga sekolah yang melaksanakan UNKP tersebar di dua kabupaten, yakni satu sekolah di Kabupaten Buru Selatan dan dua sekolah di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).
Sementara itu, untuk mendukung suksesnya UNBK, Manager Komunikasi PT PLN Unit Wilayah Maluku dan Maluku Utara Ramli Malawat, mengatakan untuk seluruh Kabupaten/Kota PLN sudah menyiapkan SOP penempatan kurang lebih 11 genset, yang stay dibeberapa sekolah dengan menggunakan pola operasi 12 atau 18 jam. “Setiap jam kami berkoordinasi dengan kepala sekolah maupun penanggungjawab sekolah Kabupaten/Kota, sehingga UNBK berjalan dengan baik, dan kami jamin itu,”akuinya.
Selain itu, General Manager Telkom Maluku Harris Setiawan, mengatakan ada dua mode yang digunakan dalam UNBK, yaitu menggunakan layanan dari Telkom, sedangkan sekolah yang berada dilokasi yang belum disediakan layanan Telkom menggunakan satelit. Untuk layanan Telkom, pihaknya sudah menyiapkan posko untuk pengamanan sampai pada port-portnya yang dipantau secara terus menerus, yang dipusatkan di Kota Ambon, serta dibantu dengan pos bayangan yang ada di Kota Tual dan Masohi Kabupaten Maluku Tengah, untuk mengupload seluruh sekolah yang menggunakan layanan Telkom.”Untuk jaringan sampai saat ini masih berjalan baik, dan diharapkan sampai selesai UNBK berjalan dengan lancar pula,”harapnya. Tak hanya itu, pihaknya juga sudah mempersiapkan UNBK untuk siswa jenjang SMA dan SMP Sederajat yang diselenggarakan dibulan April mendatang. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *