Plh Gubernur Ingatkan Siswa Tunjukan Prestasi

Pelaksana Harian (Plh) Hamin Bin Thahir secara resmi membuka pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Maluku. Pembukaan yang berlangsung di SMK Negeri 7 Ambon, Senin (25/3), ditandai dengan penekanan Token sekaligus peninjauan pelaksanaan UNBK. Plh Gubernur, dalam sambutannya, mengatakan jumlah sekolah SMK di  Maluku yang mengikuti Ujian Nasional (UN) sebanyak 109 sekolah, dimana 106 melaksanakan UNBK, sedangkan 3 sekolah masih secara manual atau melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP). Menurutnya, hal ini menunjukan bahwa ada perhatian dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku terhadap dunia pendidikan di Maluku. Oleh karena itu, dirinya menghimbau, kepada peserta ujian agar tetap tenang dan ketelitian, dalam melaksanakan UNBK. Tunjukan prestasi bahwa Maluku bisa memberikan warna tersendiri dalam dunia pendidikan di Indonesia.”Saya sampaikan kepada siswa untuk tetap semangat, perlu cermat dan teliti, dalam menyelesaikan soal UN pada hari ini,”tuturnya.


Selain itu, Plh Gubernur juga memberikan apresiasi ke Dikbud Maluku yang dipimpin Drs. M. Saleh Thio, sebab telah membangun kerjasama yang baik dengan pihak Telkom maupun PLN, sehingga UNBK bagi siswa SMK berjalan lancar dan sukses.
Sementara itu, Kepala SMK Negeri 7  Ambon Drs. Saiful, mengatakan siswa yang mengikuti UNBK sebanyak 149 peserta terdiri dari kompetensi keahlian TKJ 52 peserta, multimedia 51 peserta, desain dan produksi kriya tekstil 33 peserta, kriya logam dan perhiasan 12 peserta, kriya kayu dan rotan 8 peserta, seni musik 19 peserta. Seluruh peserta ujian terbagi dalam 4 ruangan yakni ruangan satu 34 komputer 6 cadangan, ruang dua 24 komputer 4 cadangan, ruang tiga 20 komputer 3 cadangan, ruang empat 30 komputer 4 cadangan, yang dilengkapi dengan 3 server  ditambah dengan 1 server cadangan. Selain itu, kata dia, SMK 7 juga akan menjadi lokasi UNBK untuk SMA Negeri 12 Ambon. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *